23 November 2009

CBIS

Posted in Uncategorized at 1:02 pm by Andami Fardela Jacob

  1. Pengertian Computer Based Information System (CBIS) Computer Based Information System (CBIS) atau yang dalam Bahasa Indonesia disebut juga Sistem Informasi Berbasis Komputer merupakan sistem pengolah data menjadi sebuah informasi yang berkualitas dan dipergunakan untuk suatu alat bantu pengambilan keputusan. Beberapa istilah yang terkait dengan CBIS yang akan dibahas pada bagian ini antara lain adalah data, informasi, sistem, sistem informasi dan “basis komputer” sebagai kata kuncinya. Berikut juga akan disampaikan pengertian informasi dari berbagai sumber.
  • >> Data adalah deskripsi dari sesuatu dan kejadian yang kita hadapi.Jadi pada intinya, data merupakan kenyataan yang menggambarkan suatu kejadian dan merupakan kesatuan nyata yang nantinya akan digunakan sebagai bahan dasar suatu informasi.
  • >> “Informasi adalah data yang telah diolah menjadi bentuk yang berguna bagi penerimanya dan bermanfaat dalam mengambil keputusan saat ini atau mendatang,” (Davis,1999:28). “informasi adalah data yang telah diproses, atau data yang memiliki arti,” (McLeod, 2001:15). Berdasarkan pengertian seperti tersebut di atas dapat disimpulkan bahwa informasi merupakan hasil dari pengolahan data menjadi bentuk yang lebih berguna bagi yang menerimanya yang menggambarkan suatu kejadian-kejadian nyata dan dapat digunakan sebagai alat bantu untuk pengambilan suatu keputusan.
  • >> “Sistem adalah suatu integrasi elemen-elemen yang semuanya bekerja menuju satu tujuan. Semua system meliputi tiga elemen utama: input, transformasi, dan output,” (McLeod, 2001:25).
  • >> “Sistem Informasi adalah sistem pembangkit informasi. Dengan integrasi yang dimiliki antar subsistemnya, sistem informasi akan mampu menyediakan informasi yang berkualitas, tepat, cepat dan akurat sesuai dengan manajemen yang membutuhkannya,”(Wahono, 2003:2).
  • >> “Sistem Informasi “berbasis komputer” mengandung arti bahwa komputer memainkan peranan penting dalam sebuah sistem informasi. Secara teori, penerapan sebuah Sistem Informasi memang tidak harus menggunakan komputer dalam kegiatannya. Tetapi pada prakteknya tidak mungkin sistem informasi yang sangat kompleks itu dapat berjalan dengan baik jika tanpa adanya computer,” (Wahono,2003:2).

2. Mengelola CBIS

  • Manajer bertanggung jawab untuk mengembangkan dan memelihara CBIS
  • Dlm beberapa situasi manajer hrs dpt mengerjakan semua tugas tanpa bantuan.
  • Spesialis informasi memberikan bantuan teknis jika diperlukan.
  • CBIS akan dikembangkan manajer harus merencanakan life cycle dan kemudian mengontrol para spesialis.
  • Mengontrol sumber CBIS untuk menjaga penampilan sistem dengan segala kemampuan, setelah implementasi.

Agar suatu perusahaan dapat bersaing dalam memperkenalkan suatu produk berupa barang ataupun jasa yang ingin di launching dan di distribusikan kepada konsumen keberbagai belahan dunia, maka dibutuhkan sistem informasi yang tepat, akurat, dan terkini tentang kegiatan-kegiatan dalam setiap komponen-komponen perusahaan. System yang tepat, tentunya akan membuat informasi yang cepat pula, dalam keakuratan sasaran yang tepat dan diandalkan terhadap kualitas dan kemampuan perusahaan dalam menentukan keputusan-keputusan yang strategis. Dengan begitu perusahaan dapat bersaing lebih tinggi lagi ketingkat yang lebih tinggi yaitu Go Internasional.

DAFTAR PUSTAKA

Davis, Gordon. B, 1999, Kerangka Dasar Sistem Informasi Manajemen, , alih bahasa Andreas S. Adiwardana, PT.Ikrar Mandiriabadi, Jakarta.

McLeod Jr, Raymond, 2001, Sistem Informasi Manajemen, Jilid 1, PT.Prenhallindo, Jakarta.

McLeod Jr, Raymond, 2001, Sistem Informasi Manajemen, Jilid 2, PT.Prenhallindo, Jakarta.

Wahono,Teguh, 2003, Computer Based Information System(CBIS), http://www.ilmukomputer.com.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: