20 February 2010

Tugas Jenis-jenis data (Tipe Data)

Posted in Softskill aBout Computer Accounting DA at 5:49 am by Andami Fardela Jacob

Struktur Data adalah cara menyimpan atau merepresentasikan data di dalam komputer agar bisa dipakai secara efisien.

Tipe data dibagi menjadi tiga bagian.

  1. Tipe Sederhana
  2. Tipe String
  3. Tipe Struktur

1.  Tipe Sederhana disebut juga sebagai tipe data skalar, yakni bahwa dalam sebuah perubah hanya dimungkinkan untuk menyimpan sebuah nilai data, yakni bahwa tipe data skalar menunjukkan untuk data tersebut nilainya terbentuk menurut suatu urutan tertentu. Dibagi menjadi lima, yaitu :

  • Tipe Ordinal adalah sebuah subset dari tipe data sederhana. Dalam bahasa pascal, tipe data skalr menunjukkan bahwa untuk data tersebut nilainya terbentuk menurut urutan tertentu, yaitu nilainya ada dalam urutan.
  • Tipe Integer adalah tipe data yang nilainya tidak memiliki titik desimal. Tipe ini merupakan subset dari bilangan bulat yang ukurannya dapat bervariasi pada komputer-komputer yang berbeda-beda.
  • Tipe Boolean adalah nilai data yang sangat penting untuk pengambilan suatu keputusan dalam suatu program karena pada tipe ini data akan mempunyai dua nilai, yaitu benar dan salah.
  • Tipe Char, kata char disini digunakan untuk mendefinisikan tipe data yang nilainya merupakan himpunan karakter yang dikenal komputer. Himpunan karakter yang didefinisikan oleh ISO (International Standard Organization) yang paling banyak digunakan adalah karakter ASCII (American Standard Code for Information Interchange).
  • Tipe Real adalah suatu bilangan yang berisi titik desimal. Dalam bahasa pemrograman pascal minimal harus ada satu digit sebelum titik desimal.

2.  Tipe String adalah data yang berisi sederetan karakter yang banyaknya bisa berubah-ubah sesuai kebutuhan, dengan besarnya adalah antara 1 sampai dengan 255 karakter.

Bentuk umum penulisan tipe data ini adalah:
Type pengenal = string[panjang]; dengan
Pengenal = nama tipe data
Panjang = bilangan bulat yang menunjukkan jumlah karakter

3.  Tipe Struktur adalah tipe data yang  setiap perubah dapat menyimpan lebih dari sebuah nilai data yang masing-masing nilai data disebut komponen. Karakteristik tipe data terstruktur ini adalah ditentukan berdasarkan cara penstrukturan dan tipe masing-masing komponen.

ada empat buah tipe terstruktur dalam data ini, yaitu :

  • Tipe larik(array tipe) adalah tipe terstruktur yang mempunyai komponen dalam jumlah yang tetap dan setiap komponen mempunyai tipe data yang sama.
  • Tipe record adalah kumpulan data yang setiap elemennya bisa mempunyai tipe data yang berbeda satu sama lainnya.
  • Tipe set/himpunan adalah kumpulan objek yang mempunyai tipe data yang sama dan urutan penulisannya tidak diperhatikan.
  • Tipe file atau berkas adalah kumpulan sejumlah komponen yang bertipe sama yang jumlahnya tidak tertentu dan biasanya tersimpan dalam suatu media penyimpanan luar.
  • Tipe pointer adalah fasilitas yang memungkinkan pemakai menggunakan perubah yang bersifat dinamis.
  • Tipe terbilang atau enumerated, disebut demikian karena semua nilai yang ada disebut dengan cara satu persatu.

2 Comments »

  1. ank electro said,

    thanks ya… sgt mmbntu…


Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: