13 March 2010

4 Orang Hilang di Kebakaran Pabrik Sandal

Posted in Uncategorized at 4:22 am by Andami Fardela Jacob

Sabtu, 13 Maret 2010 | 02:56 WIB

Jakarta, Kompas – Pada hari Sabtu (13/3), rencananya diupayakan evakuasi terhadap korban kebakaran pabrik sandal jepit di RT 06 RW 02 Kelurahan Tegal Alur, Kecamatan Kalideres, Jakarta Barat. Hingga Jumat petang, petugas masih berusaha memadamkan api.

Dinas Pemadam Kebakaran Jakarta Barat yang mengerahkan sekitar 100 petugas masih mengupayakan pemadaman dan pendinginan lokasi kebakaran yang mengepulkan asap tebal.

Kepala Suku Dinas Kebakaran Kota Jakarta Barat Sujadi yang ditemui di sela upaya pemadaman mengatakan, pihaknya mengupayakan kedatangan alat berat untuk membantu membongkar reruntuhan bangunan yang terbakar habis.

”Kami datangkan backhoe loader untuk membantu membongkar reruntuhan. Diharapkan dapat ditemukan korban yang diduga terjebak di ruang administrasi pabrik,” kata Sujadi.

Sebanyak empat orang dilaporkan hilang dalam kebakaran, yakni Parngat (60), pensiunan dinas kebakaran warga Kedoya, yang bekerja sebagai petugas pemadam kebakaran di pabrik; Andriati Wiratningsih (29) yang sedang hamil tujuh bulan beralamat di Jalan Bhakti Mulya III, Kelurahan Tegal Alur; kepala gudang bernama Rusli (70); dan anggota staf keuangan bernama Liana.

”Saya mencari ayah yang tidak pulang sejak semalam. Saya dihubungi ibu pukul 02.00 yang dikabari ayah tidak pulang sejak masuk kerja shift kedua pukul 15.00,” kata Dwi Lestari (35), putri bungsu Parngat dengan wajah menahan tangis.

Anton Wicaksono, kakak Andriati Wiratningsih, kebingungan mencari kepastian nasib adiknya.

”Sewaktu kerja, dia memakai pakaian dan kerudung putih-putih. Anaknya sempat melarang dia kembali ke pabrik waktu pulang makan siang di rumah,” ujar Anton yang matanya berkaca- kaca.

Para korban diduga terjebak di bagian belakang kompleks pabrik yang berbentuk huruf ”T” itu.

Pintu darurat macet

”Ada bahan baku tepung, karet, dan material kimia. Di ruangan itu sebenarnya ada dua pintu darurat,” ujar Zulkarnain, buruh pabrik yang baru saja meninggalkan lokasi ketika kebakaran terjadi, Kamis sekitar pukul 15.30.

Namun, dua pintu darurat yang ada tersebut dalam keadaan terkunci.

”Harus digunakan satu forklift untuk menjebol satu pintu darurat. Para karyawan meloloskan diri dari pintu itu. Karyawan yang terkurung di ruang administrasi berada dalam jarak sekitar 20 meter dari pintu darurat. Api langsung mengurung mereka yang tidak sempat keluar,” ujar Zulkarnain.

Endang, petugas pemadam kebakaran, membenarkan kesulitan yang dialami para karyawan untuk keluar. ”Mereka terjebak karena terhalang pintu darurat yang sulit dibuka,” ujar Endang menjelaskan.

”Api langsung membesar dan terdengar ledakan hingga tujuh kali dari bagian dalam pabrik,” ujar Rony, penjaga gudang yang tinggal di belakang pabrik.

Menurut Kepala Suku Dinas Kebakaran Jakarta Barat Sujadi, kebakaran yang menghabiskan seluruh pabrik tersebut merupakan kejadian kelima. Sebelumnya, kebakaran pernah terjadi, tetapi bisa diatasi dengan baik menggunakan fasilitas hidran di dalam pabrik.

Dalam pantauan, di bagian belakang pabrik PT Sinar Jaya Perkasa terlihat tumpukan yang menggunung material bahan baku sendal berupa lembaran karet warna-warni di reruntuhan bangunan tiga lantai. Di atas reruntuhan bangunan ini, para petugas pemadam kebakaran berdiri dengan menggunakan selang yang disambung hingga puluhan meter.

Menjelang siang hari, pemadam kebakaran menambahkan pasokan solar untuk mesin-mesin yang menyedot solar.

Korban luka bakar dalam musibah kebakaran tersebut yang masih dirawat adalah Ace Hidayat (24), warga Kelurahan Kamal, Jakarta Utara, serta Novaria (23), Supratno (27), dan Atma (29), yang semuanya warga Kelurahan Tegal Alur, Jakarta Barat. (ONG)

sumber:

http://cetak.kompas.com/read/xml/2010/03/13/02565266/4.Orang.Hilang.di.Kebakaran.Pabrik.Sandal

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: