15 April 2010

RETAKNYA JEMBATAN ES DI ANTARTIKA

Posted in Uncategorized at 7:56 am by Andami Fardela Jacob

Fernando Donny April 13 at 9:45pm Reply
Jembatan es di Antartika, tepatnya Shattered, Sabtu lalu semakin terlihat retak-retak. Hal ini semakin meningkatkan ketakutan tentang ancaman pemanasan Global. Para Ilmuwan yang sejak jauh jauh hari mengkhawatirkan hal itu menjadi makin prihatin dengan kondisi yang terjadi di Semenanjung Antartika. Gambar satelit yang diterima dari European Space Agency menunjukkan terjadi keretakan sepanjang 25 mil lebar sekitar 500 meter.

David Vaughan, glaciologist dengan British Antarctic Survey, berkata: “Kami telah menunggu lama untuk melihat ini. Saya rasa adalah bahwa kita akan kehilangan sebagian es, tetapi masih ada sisa di selatan.”
Wilkins, sekarang ukuran Jamaika, adalah satu di antara sepuluh rak di semenanjung sudah menyusut dalam beberapa dasawarsa terakhir.

Endapan di dasar laut menunjukkan bahwa beberapa rak es ini ada di situ sekitar 10.000 tahun. Sejak 1950, jembatan es telah terlihat retak, namun pada Sabtu, retakan makin banyak dan panjang. Suhu di Lingkaran Antartik dalam 50 tahun terakhir sudah naik sampai 5.4 Fr (3 C), sehingga dengan cepat menaikkan suhu di Belahan Bumi Selatan.

Tanggapan Antartica, untuk pemanasan akan jauh untuk menentukan langkah global permukaan laut naik. Hilangnya es rak tidak akan mempengaruhi permukaan laut – floating ice melts karena kontrak dan tidak menaikkan tingkat laut. Tetapi mereka dapat kehilangan glaciers di darat ke slide lebih cepat ke arah laut, sehingga menambahkan air ke lautan.

Sekitar 175 negara telah bertemu di Bonn, Jerman, sejak 29 Maret sebagai bagian dari tekanan untuk menyetujui pada akhir 2009 dibuat perjanjian baru oleh PBB untuk memerangi perubahan iklim.

Amerika Serikat juga mendesak untuk melindungi Antartika dari kerapuhan lingkungan dengan mengajukan aturan baru tentang batasan ukuran kapal pesiar yang berlayar dan jumlah penumpang.

Pada konferensi di Baltimore, diplomat Amerika Serikat akan mengajukan amademen 50 tahun internasional Antarctic Treaty.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: