21 April 2010

Rasi Bintang Baru (Reminded)

Posted in Uncategorized at 1:23 pm by Andami Fardela Jacob

Seperti pemberitaan yang sudah-sudah zodiak kita berubah. Dari 12 zodiak yang melambangkan rasi bintang, kini ditambah zodiak baru lagi yaitu Ophiucus. Dan susunan zodiakpun berubah.

Selanjutnya,
Aquarius untuk kelahiran 16 Februari-11 Maret,
Pisces (11 Maret-18 April),
Aries (18 April-13 Mei),
Taurus (13 Mei-22 Juni),
Gemini (22 Juni-21 Juli),
Cancer (21 Juli-10 Agustus),
Leo (10 Agustus-16 September),
Virgo (16 September-31 Oktober),
Libra (31 Oktober-23 November),
Scorpio (23 November-29 November),
Ophiuchus (29 November-18 Desember),
Sagitarius (18 Desember-21 Januari).

Nah ini data otentik dari koran (namun saya lupa Koran apa)

Zodiak Anda Kemungkinan Berubah, zodiak bertambah jadi 13.

ANDA percaya zodiak? Siap-siaplah berpindah bintang yang merujuk pada tanggal dan bulan kelahiran Anda. Zodiak yang baru dimasukkan ini bernama Ophiuchus dan dipastikan menggeser bintang Anda. Zodiak ini mempengaruhi Anda yang lahir antara 18 Desember hingga 21 Januari.

Artinya seluruh tanggal dalam 12 sistem zodiak ikut bergeser (lihat Zodiak Bertambah). Dengan demikian, sifat dasar, peruntungan Anda dalam hal keuangan, kesehatan, dan cinta –tiga hal utama teropong zodiak– juga berubah. Itu kalau Anda memang percaya zodiak.

Ophiuchus
Sebenarnya bintang baru ini bukanlah sistem rasi bintang baru yang menjadi dasar perhitungan bintang. Dalam astronomi, dikenal ada 88 rasi bintang yang berada di langit. Ophiuchus adalah salah satu dari 88 rasi bintang, dan juga satu dari 48 rasi yang didaftar oleh astronom ternama dunia, Claudius Ptolemaeus (Ptolemy), yang hidup tahun 90 hingga tahun 168.

Perlu dibedakan antara astronomi dan astrologi. Astronomi adalah ilmu yang melibatkan pengamatan dan penjelasan kejadian yang terjadi di luar bumi dan atmosfernya. Ilmu ini mempelajari asal-usul, evolusi, sifat fisik, dan kimiawi benda-benda yang bisa dilihat di langit (dan di luar Bumi), juga proses yang melibatkan mereka.

Sedangkan astrologi adalah ilmu yang menghubungkan antara gerakan benda-benda tatasurya (planet, bulan, matahari) dengan nasib manusia. Astrologi menekankan pada pengaruh bintang terhadap karakter, ramalan akan hidup dari sisi percintaan, kesehatan, keuangan, dan hal-hal yang berkaitan dengan kehidupan manusia.

Ophiuchus juga sebenarnya masuk dalam zodiak modern Barat yang selama ini hanya memasang 12 zodiak yang dikenal. Ophiuchus yang dalam bahasa Yunani berarti si Penangkap Ular ini menjadi satu-satunya yang tidak memiliki lambang astrologi. Mengapa tahun ini tiba-tiba Ophiuchus dimasukkan dalam sistem penamaan zodiak?

Versi Ilmiah
Ceritanya bermula saat rasi bintang ditemukan kembali oleh astronom saat mendekati matahari Februari 2006 silam. Menurut BBC, berdasarkan pengamatan astronom dunia, rasi bintang Ophiuchus sudah mendekati matahari dan memunculkan supernova spektakuler.

Jurnal ilmiah dunia, Nature, juga melaprokan bintang-bintang di rasi ini sangat terang dan tampak jelas di kosmos. Sebegitu terangnya hingga Ophiuchus bisa dilihat dari bumi tanpa peralatan teleskop sekalipun. Adalah astronom Denmark, Tycho Brahe, pada tahun 1572 yang pertama kali melihat kemunculan rasi itu.

Nah, rasi yang baru menampakkan dirinya lagi ini sebelumnya tidak dikenali dan hanya disebut sebagai New Star. Namun, astronomi modern membuktikan, rasi yang dilihat oleh Brahe sama dengan rasi bintang yang dilihat astronom Februari 2006 lalu.

Astronom dari Harvard University, Jeno Sokoloski, menyatakan di masa dalam abad terakhir, ada beberapa ledakan supernova yang mengindikasikan adanya pergeseran rasi. “Dimulai secara lambat dan hanya sekejap dalam dua hari, dan hal itu mengindikasikan kepada kami bahwa terjadi ledakan massif.

Bahkan sebenarnya, hampir kolaps,” kata Sokoloski menjelaskan akibat ledakan itu. Nah, ini pulalah yang mendasari para astrologi memasukkan Ophiuchus dalam sistem zodiak modern yang merujuk pada zodiak Barat.

Astrolog memastikan zodiak baru ini akan masuk dalam sistem penamaan bintang karena rasi bintang biasanya memakan waktu ratusan tahun untuk bergeser kembali. Rasi bintang Ophiuchus pertama kali muncul di abad kedua. Ptolemy mendaftarkan sebagai bintang ke-29 dari 48 rasi bintang.

Diperkirakan rasi ini akan muncul kembali dalam jangka waktu 1.700 tahun lagi. Alasan Ophiuchus tidak dimasukkan dalam astrologi barat selama ratusan tahun karena hanya ada 12 rasi bintang yang selama ini mengikuti perputaran benda-benda langit dalam sistem tatasurya seperti bulan, planet, dan matahari. Karena baru, para astrolog belum menemukan karakteristik serta peruntungan orang-orang yang lahir di zodiak Ophiuchus.

Tentang Zodiak
Zodiak sendiri berarti Lingkaran Hewan karena diambil dari bahasa Yunani Zoodiacos Cyclos yang artinya Lingkaran Hewan. Namun, sebenarnya, dari 12 zodiak ada lima yang tidak dilambangkan dengan binatang, yakni Aquarius (Pembawa Air), Gemini (si Kembar), Virgo (Gadis), dan Libra (Timbangan), dan Sagitarius (Pemanah). Untuk menentukan zodiak, dibuat semacam garis khayal yang disebut dengan lingkaran ekliptika di bola langit.

Jika diamati dari bumi, semua benda-benda tatasurya (planet, bulan dan matahari) beredar di langit mengelilingi lingkaran ekliptika. Keistimewaan dari ke-12 zodiak dibanding rasi bintang lainnya adalah semuanya berada di wilayah langit yang memotong lingkaran ekliptika. Jadi dapat disimpulkan zodiak adalah semua rasi bintang yang berada di sepanjang lingkaran ekliptika.

Karena semua planet, matahari, dan bulan beredar di sepanjang lingkaran ekliptik, otomatis mereka semua juga beredar di antara zodiak. Ramalan astrologi didasarkan pada kedudukan benda-benda tatasurya di dalam zodiak. Seseorang akan menyandang tanda zodiaknya berdasarkan kedudukan matahari di dalam zodiak pada tanggal kelahirannya.

Misalnya, orang yang lahir awal Desember akan berzodiak Sagitarius karena pada tanggal tersebut matahari berada di wilayah rasi bintang Sagitarius.
Kedudukan matahari dibedakan antara waktu tropikal dan waktu sideral yang menyebabkan terdapat dua macam zodiak, yaitu zodiak tropikal dan zodiak sideral. Sebagian besar astrolog barat menggunakan zodiak tropikal yang juga populer di kalangan anak muda di Indonesia.

Zodiak Bertambah

  • Capricornus: 21 Januari-16 Februari (26 hari)
    Karakter umum: Pendiam, rajin, ambisius, materialis, gengsi tinggi, suka memerintah, suka memperalat orang lain
  • Aquarius: 16 Februari-11 Maret (24 hari)
    Karakter umum: Tenang, objektif, jenius, penuh ide, cepat mengerti
  • Pisces: 11 Maret-18 April (38 hari)
    Karakter umum: Sangat perasa (dari sisi manusiawi), penuh cinta, praktis, suka mengkhayal
  • Aries: 18 April-13 Mei (25 hari)
    Karakter umum: Agresif, enerjik, impulsif, pemimpin, tidak sabaran, egois, cepat emosi
  • Taurus: 13 Mei-22 Jun (40 hari)
    Karakter umum: Keras kepala, materialistis, pasif, ramah, sabar, praktis, setia, toleran
  • Gemini: 22 Juni-21 Juli (29 hari)
    Karakter umum: Lincah, pandai berbicara, tidak stabil, mudah berubah-ubah, mudah gugup, sangat peka
  • Cancer: 21 Juli-10 Agustus (20 hari)
    Karakter umum: Sentimentil, setia, penuh perhatian, sulit memaafkan, daya ingat kuat
  • Leo: 10 Agustus-16 September (37 hari)
    Karakter umum: suka memimpin, dermawan, penuh gaya, aristokratik, congkak, percaya diri tinggi
  • Virgo: 16 September-31 Oktober (45 hari)
    Karakter umum: Praktis, analistis, kritis, berkepala dingin, logis, rajin, sederhana
  • Libra: 31 Oktober-23 November (23 hari)
    Karakter umum: Penuh keraguan, bimbang, adil pandai bermuka dua, naluri kuat, mempesona
  • Scorpio: 23 November-29 November (enam hari)
    Karakter umum: Panjang akal, pendiam, pendendam, gigih, tekun
  • OPHIUCHUS: 29 November-18 Desember (19 hari)
    Karakter umum: Belum dikategorisasikan
  • Sagitarius: 18 Desember-21 Januari (34 hari)
    Karakter umum: Berjiwa petualang, pandai, suka kebebasan, mandiri, pandai berdiplomasi, berpandangan luas

Mungkin sifat2 kita dipengaruhi oleh zodiak kita…ya, karena kita juga lahir di alam yang terus beputar ini, tapi bukan berarti kita percaya sepenuhnya pada itu semua…kita tetap harus ingat, siapa yang menciptakan semua alam semesta ini?? kepada Dialah kita percaya…ya ga boy?! :D

Sumber : http://ogiehanz.wordpress.com/2009/01/14/rasi-bintang-baru-reminded/

http://www.apakabardunia.com/post/uncategorized/rasi-bintang-baru-reminded

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: