27 April 2010

LINGKUNGAN

Posted in Uncategorized at 4:53 am by Andami Fardela Jacob

Q= Bagaimana cara membedakan Telur matang dan Telur mentah??

A= Ketika telur yang sudah matang dan yang masih mentah digaungkan jadi satu, kita tidak bisa membedakan hanya dengan melihat atau menyentuhnya! Caranya sangat sederhana. Kita hanya perlu memutar telur itu seperti memutar gasing! Karena sudah padat, telur yang sudah direbus, akan sangat mudah berputar. Sebaliknya, karena bagian dalamnya masih berbentuk cair, telur yang masih mentah akan terus menerus bergerak sehingga sangat sulit berputar dengan seimbang.

Q= Benarkah Kuman sangat penting??

A= Kebanyakan orang mengira kuman berbahaya, tapi sebenarnya kuman memiliki peran yang sangat penting di alam ini. Kuman dapat menguraikan tumbuhan dan hewan yang sudah mati, juga bisa mengubah Nitrogen di udara menjadi berbagai nutrisi bagi makhluk hidup. Selain itu, makanan seperti acar, kaju, bir, dan yoghurt merupakan makanan yang terbentuk dari proses fermentasi. Bahkan di dalam usus manusia juga terdapat kuman untuk membantu mencerna makanan!

Q= Apakah baju baru bisa langsung dipakai??

A= Baju yang baru dibeli lebih baik jangan langsung dipakai. Itu karena pembuatan baju terkadan menggunakan pewarna atau obat-obatan kimia untuk memperkuat warna baju, memberi antiracun, dan antikusut. Jadi apabila tercium bau sejenismintak pada baju bar, itu merupakan aroma dari obat-obatan kimia. Obat-obatan yang menempel pada baju ini berbahaya bagi kesehatan. Terutama bila bersentuhan langsung dengan kulit akan mudah menyebabkan penyakitkulit atau batuk, radang pada mata, dan penyakit lainnya. Jadi, jika membeli baju harus dicuci dulu sebelum dipakai, ya. Ini akan lebih baik untuk kesehatan!

Q= Mengapa air memercik jika terkena Minyak panas??

A= Bila dipanaskan hingga 100 derajat celcius, air akan bergolak mendidih. Air yangtadinya merupakan zat cair juga akan barubah bentuk menjadi “uap air” yang merupakan gas. Ketika tetesan air masuk ke dalam minyak panas yang panasnya mencapai 160-200 derajat celcius, air akan dalam sekejap berubah bentuk dari cair menjadi gas dan memercik. Meskipun kelihatannya seperti percikan minyak, pada kenyataannya justru airlah yang memercik.

Q= Apakah microwave tidak bisa membuat gosong makanan??

A= Microwave tidak akan membuat makanan gosong karena menggunakan gelombang mikro dari gelombang elektromagnetik untuk memanaskan dan merawat kandungan makanan. Setelah gelombang mikro menyuplai energi untuk makanan, molekul yang terdapat di dalam dan di luar makanan akan bergetar karena pengisapan energi. Dalam proses ini, setiap detiknya molekul-molekul akan bergetar sebanyak 2 miliar 450 juta kali. Akibatnya, molekul bergesekan menghasilkan panas lalu masuk dan dengan cepat memanaskan makanan. Namun pada proses pemanasan seperti ini, kandungan air dalam makanan perlahan-lahan akan berkurang. Oleh sebab itu, semakin lama berada di dalam microwave, makanan akan semakin kering dan keras.

sumber : http://www.kaskus.us/showthread.php?p=126954393

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: