15 May 2010

Aktifkan Screen saver untuk membuat monitor lebih awet

Posted in Uncategorized at 12:41 pm by Andami Fardela Jacob

Dikutip dari PCplus edisi 298 dengan perubahan seperlunya

undefined
Sudahkah ada mengaktifkan Screen saver anda? Baiknya screen saver baik pada Windows juga Sistem Operasi lain diaktifkan, Sebabnya, screen saver dapat membuat monitor lebih awet. Screen saver dibuat untuk mencegah “phosphor burn-in” pada monitor CRT dan plasma. “phosphor burn-in” terjadi apabila monitor menampilkan gambar yang sama secara terus-menerus. Area fosfor dari dari monitor yang terus-menerus diekspos akan mengakibatkan area tersebut berubah dan tidak bisa dikembalikan. Akibatnya, tampilan monitor pada bagian tersebut menjadi lebih gelap.

Screen saver bisa diatur agar muncul apabila PC tidak digunakan setelah beberapa waktu tertentu. Misalnya jika selama 5 menit PC tidak menerima masukan dari penggunanya, maka sistem akan menampilkan screen saver.

undefined

Cara PC aktifkan Screen saver
Secara Konstan, PC memantau aktivitas yang terjadi antarkomponen PC. ketika PC mendapati bahwa keyboard atau mouse “Menganggur” sepanjang waktu yang telah ditentukan, sistem mengirimkan suatu permintaan khusus kepada aplikasi yang sedang berjalan.

Program non-Windows tidak akan mengerti permintaan itu. Tapi, aplikasi computer-based-training (CBT) akan mengerti. Aplikasi seperti ini akan menjawab, “Oh jangan. Saya sedang aktif.” Jadi, kalau ada aplikasi yang tidak mengizinkan screen saver untuk jalan, maka screen saver tidak akan muncul. Tapi, kalau semua aplikasi mengizinkan, Windows akan mencari baris “SCRNSAVE.EXE=” di dalam file system.ini untuk mengetahui ada tidaknya screen saver diaktifkan. Kalau ada nama file dibelakang tanda sama dengan ( = ), file screen saver itu dijalankan. Tapi kalau kosong tidak ada screen saver dijalankan.

Screen saver akan muncul sampai Windows mendeteksi input dari keyboard atau mouse. Kebanyakan screen saver akan berhenti kalau tombol keyboard atau mouse ditekan, juga kalau mouse digerakkan. Tapi, beberapa screen saver bisa diprogram agar berhenti bekerja kalau tombol tertentu saja ditekan atau bisa juga setelah mouse digerakkan pada jarak tertentu.

Screen saver sekarang bukan cuma dibuat untuk memperpanjang umur monitor, tapi juga untuk hiburan bahkan penelitian. sebagai hiburan, screen saver bisa berupa slide show photo yang disertai lagu, bahkan game yang interaktif. Contoh screen saver untuk penelitian adalah SETI@home, sebuah screen saver yang menjadikan PC sebagai bagian dari sistem komputasi grid yang meneliti kehiduan diluar angkasa.

Sumber : http://sykumal.blogspot.com/2008/12/aktifkan-screen-saver-untuk-membuat.html

http://www.apakabardunia.com/post/uncategorized/aktifkan-screen-saver-untuk-membuat-monitor-lebih-awet

1 Comment »

  1. selimut said,

    O kirain screen saver tuh ga ada kegunaan lain selain cuma buat “aksesori” gan…


Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: