9 June 2010

Mengusir Bad Hair Day, Selamanya!

Posted in Softskill aBout Computer Accounting DA at 8:32 am by Andami Fardela Jacob

Anda tak perlu lagi sibuk mengakali penampilan rambut hari ini agar tampil lebih percaya diri. Perawatan yang tepat untuk rambut bisa menjadi solusi permanen yang lebih ampuh.

Thomas Taw, pakar rambut rusak dan kering dari London menegaskan, Anda tidak akan mengalami bad hair day jika rambut diperlakukan dengan tepat dan benar. Sama seperti Anda memperhatikan kesehatan kulit wajah atau tubuh.

“Sayangnya rambut seringkali kurang mendapat perhatian seperti bagian tubuh lainnya,” papar Thomas kepada Kompas Female, beberapa waktu lalu.

Rambut rusak atau rambut yang tertata tidak rapi dan cenderung membuat Anda tidak percaya diri, bisa diatasi dengan cara berikut:

1. Kenali jenis rambut

Kenali lebih jauh jenis rambut Anda. Apakah kering atau berminyak, keriting atau bergelombang. Sesekali ikutilah konsultasi atau workshop tentang kecantikan. Bagaimana pun Anda butuh tahu tentang karakter rambut dari ahlinya, bukan? Dengan mengenali jenis rambut, Anda bisa lebih tepat memperlakukan dan merawat rambut agar selalu tampil menarik dan percaya diri.

2. Pilih perawatan rambut yang tepat
Pilihan shampo atau kondisioner di pasaran bisa puluhan jumlahnya. Dengan mengenali kebutuhan rambut, dari jenis dan karakter rambut, Anda akan lebih terbantu mencari perawatan yang tepat. Jika terlalu sering berketombe, maka cari perawatan yang memberikan solusi masalah rambut Anda. Jika sering rontok, banyak juga produk yang fokus mengatasi masalah ini. Bingung dengan pilihan merek? Rasanya hampir semua produk memiliki pasarnya tersendiri. Namun kembalikan pada keputusan Anda, misalkan dengan mencari tahu siapa yang terlibat di balik penciptaan formula, dan apa kandungan formula tersebut.

3. Lakukan perawatan rutin
Mencuci rambut setiap hari, tak jadi soal. Namun jangan sekadar mencuci rambut. Lihat kembali apa kebutuhan rambut. Jika sering berenang misalnya, rambut akan lebih kaku. Maka gunakan kondisioner untuk melembutkannya. Dengan rutin merawat rambut di rumah, dengan penggunaan shampoo dan kondisioner yang tepat, rasanya bad hair day bukan lagi jadi masalah Anda.

4. Tak harus ke salon, lakukan di rumah
Melakukan perawatan rambut agar selalu indah tak harus ke salon. Saat ini banyak produk perawatan rambut yang bisa diaplikasikan di rumah. Anda hanya membutuhkan perhatian dan kejelian melihat kebutuhan rambut serta kesabaran merawat mahkota Anda.

5. Perlakukan rambut dengan baik

Treatment yang keliru membuat rambut menjadi rusak. Misalnya usai cuci rambut, Anda menggosokkan handuk sekuat tenaga agar cepat kering. Thomas menjelaskan, cara seperti ini hanya akan membuat rambut rusak. Terlalu sering mengeringkan rambut dengan hair dryer juga tak sehat. Suhu panas akan mempengaruhi kesehatan rambut. Cara paling tepat, kata Thomas, adalah cukup peras rambut yang basah, usapkan handuk perlahan tanpa menggosok terlalu sering.

6. Eksplorasi gaya boleh saja, tetapi tetap lakukan perawatan
Styling rambut memang seru untuk dicoba, tak masalah. Asalkan Anda kembali kepada perawatan yang tepat dan benar. Saat ini juga banyak produk yang dikhususkan untuk rambut rusak atau rambut yang sering diwarnai. Industri perawatan rambut mengerti kebutuhan konsumennya. Hanya saja pengguna produk perlu lebih cerdas dan memahami, rambut juga membutuhkan perhatian khusus dan perawatan yang baik.

sumber : kompas.com

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: